Jam Berapa Ya?

       
Sydney Tokyo London New York

Axis Modem



Meski terhitung "kalah start" dari operator kawakan, provider seluler GSM Axis tak gentar menghadapi persaingan layanan Internet mobile yang semakin ramai. Sebagai langkah awal, Axis menawarkan produk “Akses Axis” yang tidak lain adalah paket modem USB 3G produksi Huawei, kartu GSM Axis, dan juga sebuah microSD 1GB dari V-Gen. Promosinya sendiri ditampilkan cukup menarik: paket sudah termasuk akses Internet gratis dengan batas data 6GB setahun penuh semenjak kartu SIM diaktifkan.

Tawaran Internet gratis yang merupakan bagian dari kampanye “GSM yang Baik” dari Axis memang tergolong berani dibandingkan kompetitornya. Namun jangan senang dulu dengan tawaran ini. Pasalnya, jatah akses gratis per bulan paket Akses Axis ini hanya berlaku untuk kuota 500MB/bulan. Jika akses data melebihi kuota ini, pengguna akan dikenai tarif Rp0,7/KB.

Meskipun demikian, paket 3-in-1 ini agaknya akan menarik minat pengguna notebook yang sering berpindah tempat tetapi kerap memerlukan akses Internet di mana saja, tentu saja asalkan masih berada dalam jangkauan jaringan Axis. Modem USB yang dipakai Axis dalam paket ini adalah Huawei tipe E160G dengan panjang 8,5cm yang bentuknya mirip USB flashdisk umumnya.

Sebelum bisa mengaktifkan layanan Internet 3G, kartu SIM Axis dari paket ini harus diregistrasikan terlebih dahulu via ponsel GSM. Pengguna juga harus menginstalasikan software yang disertakan untuk bisa menggunakan modem ini.

Namun sebenarnya proses registrasi bisa dilakukan via menu Axis di bagian tab USSD (Unstructured Supplementary Service Data). Sayang tidak ada petunjuk untuk melakukan registrasi kartu SIM dengan cara ini. Untungnya, proses instalasi awal modem ke PC atau notebook tergolong sangat mudah karena driver dan aplikasi telah tertanam pada modem ini. Setelah terhubung ke jaringan Axis, lampu modem akan menunjukkan status koneksi, di mana warna hijau berarti terhubung ke jaringan GPRS/EDGE, warna biru ke jaringan WCDMA, dan warna cyan (biru kehijauan) untuk koneksi HSDPA.

Aslinya, Akses Axis menawarkan sambungan Internet sampai kecepatan 384Kbps. Namun pada kenyataannya hal ini amat bergantung pada kondisi sinyal 3G di daerah pemakaian. Sinyal ini juga akan berpindah secara otomatis baik dari WCDMA (3G) ke EDGE (2,75G) maupun sebaliknya, tergantung kuat lemahnya sinyal 3G di daerah tersebut. Sebagai contoh, koneksi
Internet di Palmerah yang sangat kencang jelas berbeda dengan koneksi di daerah Kramatjati.
***

Keceparan koneksi Internet yang kami dapat nyatanya memang sangat bervariatif, tergantung kondisi sinyal sehingga tidak dapat dijadikan patokan mutlak. Agar tangkapan sinyal lebih kuat bisa dipasangkan juga antena tambahan yang ditancapkan pada port yang tersedia. Namun intinya, paket Akses Axis memang sangat menarik untuk dimiliki karena selain modem 3G, Anda juga akan mendapatkan akses Internet gratis berkuota 6GB selama 1 tahun dan sebuah kartu microSD berkapasitas 1GB. Berkat slot microSD yang ada, modem ini juga berfungsi sebagai penyimpan data layaknya USB flashdisk biasa.

Sumber: InfoKomputer


PLUS: Instalasi dan aplikasi mudah; microSD 1GB; paket Internet menarik.

MINUS: Biaya tambahan berdasarkan volume.


SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
-Kinerja : 4,25
-Fasilitas : 4,25
-Penggunaan : 4,5
-Harga : 4
SKOR TOTAL : 4,25


SPESIFIKASI HUAWEI E160G USB HSDPA Modem
Antarmuka: USB 2.0
Band: GPRS/EDGE 850, 900, 1800, 1900MHz
UMTS/HSDPA 850, 1900, 2100MHz
HSDPA downlink/uplink:Max 3Mbps / 384Kbps
Sistem operasi: Windows 2000 SP4/XP/Vista & Mac 10.4 ke atas
Kelengkapan: Manual, kabel USB
Dimensi (plt): 8,5x3,25x1,5 cm
Bobot : 50 gram
Garansi: 1 tahun
Situs Web: www.axisworld.com
Harga kisaran*: Rp 1.388.000
* Axis Center, (021) 5291-2838



7 comments:

renkrest mengatakan...

Pak/mas, thanks atas infonya,
Dari sisi harga dan kecepatan akses, Gimana kalo dibandingin SMART, HP modem yang promo paket 2Giga per bulan selama 6 bulan?

Anonim mengatakan...

teman saya beli paket axis modem tersebut..banyak keluhannya,selain tarifnya yang mahal sinyal/kecepatan datanya tidak sesuai dengan spesifikasinya,,

Anonim mengatakan...

Mas, cara regisrasi axis buat modem gimana ya..

Anonim mengatakan...

kaka kartu axis bisa di pakai ke modem ettisalat ga ? username sama passwordnya gimana ?

internet mengatakan...

Setting axis modem yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai bagaimana cara mensetting modem axis. Tujuannya jelas agar internetan axis kita bisa konek. Tentu saja, cara set internet axis dengan modem ini agak berbeda dengan cara setting GPRS axis. Meskipun keduanya sama-sama digunakan untuk melakukan koneksi ke internet.

Sewa Ruang Kantor mengatakan...

Paket bundle ini masih ada gak ?

Jual Sewa Tanah mengatakan...

jika anda mencari tanah silakan kunjungi www.jualsewatanah.com

Posting Komentar

follow



Masukkan Code ini K1-4D42E2-C
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
 

Template Design by SkinCorner from Jack Book