Jam Berapa Ya?

       
Sydney Tokyo London New York

RI Dapat "Samurai Bond" 1,5 Miliar Dollar AS



Senin, 23 Februari 2009 | 14:02 WIB

JAKARTA, SENIN - Pemerintah Jepang mengucurkan bantuan pembiayaan siaga (stanby loan) sebesar 1,5 miliar dollar AS kepada Indonesia. Pinjaman ini dalam bentuk samurai Bond yang diluncurkan pada pasar modal Jepang. Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani, di Gedung Graha Sawala, Jakarta, Senin ( 23/2 )

"Pemerintah Jepang sepakat memberikan bantuan siaga dijamin secara partial oleh Japan Bank For International Cooperation (JBIC), apabila tidak bisa terbit JBIC dapat memberikan pinjaman langsung untuk APBN," kata Menkeu.



Jepang juga meningkatkan jumlah Bilateral Swapt Arrangement (BSA) dengan Indonesia dari 6 miliar dollar AS menjadi 12 miliar dollar AS. "BSA untuk kebutuhan jaga-jaga terhadap kecukupan devisa. BSA akan dikelola oleh Bank Indonesia," ujarnya.

Menurut Menkeu, dukungan pemerintah Jepang adalah bentuk kepercayaan Jepang terhadap perekonomian Indonesia di tengah krisis global.

Duta Besar Jepang Kojiro Shiojiri mengatakan pemerintah Indonesia telah melaksanan kegiatan ekonomi secara mantap. "Bantuan ini diberikan untuk mendorong berbagai upaya yang dilakukan Indonesia dan batuan kami tetap dalam rangka memperkokoh hubungan kedua negara," kata Kojiro.

Kojiro mengakui, di tengah krisis ekonomi global ini Jepang dan Indonesia serta negara lain di dunia dihadapkan pada likuiditas yang ketat.
(kompas.com)

0 comments:

Posting Komentar

follow



Masukkan Code ini K1-4D42E2-C
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
 

Template Design by SkinCorner from Jack Book